---ISLAM NUSANTARA MERAWAT KEBHINEKAAN DI BUMI PAGUNTAKA---

18 Maret 2017

Jurusan Kuliah Bergaji Tinggi

Kuliah gaji tinggi
Berikut 10 jurusan kuliah yang lulusannya bergaji tinggi seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Teknik Pertambangan
Lulusan teknik pertambangan biasanya sih akan menjadi orang lapangan. Alias, mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi. Mulai dari berlian hingga minyak bumi.  Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

Prospek kerja: Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara, PT Freeport, PT Antam, PT Timah Tbk.

2. Teknik Material dan Metalurgi
Jurusan satu ini mungkin agak asing namanya. Bidang kerja lulusan satu ini, berkaitan erat dengan Pertambangan. Bedanya, Teknik Material dan Metalurgi lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka, lho!

Prospek kerja: Schlumberger, Geothermal PLN atau Pertamina, Badak LNG.

3. Teknik Perkapalan
Teknik Perkapalan bisa juga disebut Arsitek Kapal! Kamu akan menimba ilmu perencanaan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.

Prospek kerja: Industri maritim atau gas dan minyak, Badan klasifikasi nasional (BUMN)  seperti BKI, Sucofindo atau Surveyor Indonesia.

4. Teknik Nuklir
Di antara kamu ada yang ingin mengikuti jejak Prof. rer. Nat Evvy Kartini, salah satu ahli nuklir dunia? Berkecimpung di teknik nuklir, kamu akan mengakrabi prinsip-prinsip fisika nuklir.

Di dunia kerja, ilmu ini diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.

Prospek kerja: BATAN, Radiologi di RS, pembangkit listrik tenaga nuklir.

5. Teknik Informatika
Informatika adalah ilmu yang mempelajar perangkat, baik sistem maupun alat, yang dapat menyebarkan informasi. Jadi, jika kamu memang tertarik dengan bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi canggih, ini bisa jadi pilihan tepat.

Prospek kerja: Menjadi programmer hingga intelligent di hampir di semua industri, terutama industri telekomunikasi.

6. Ilmu Farmasi
Saat sakit, selain butuh dokter untuk memeriksa, pasti kamu butuh obat juga, kan? Nah, disinilah peran ilmu farmasi, sebagai pendampingnya Ilmu Kedokteran. Konsentrasi ilmu farmasi ada pada semua cakupan farmasi, tak hanya obat-obatan penyembuh sakit, tapi juga di kosmetika.

Prospek kerja: RS, Industri obat-obatan (Kalbe Farma, Bayer), Industri Kosmetik (Mustika Ratu, Wardah)

7. Ilmu Bisnis dan Ekonomi
Kamu bercita-cita jadi wirausahan bukan berarti enggak butuh kuliah. Justru, perdalam ilmumu di universitas yang menawarkan jurusan ilmu bisnis dan ekonomi. Karena, jurusan ini melengkapimu dengan berbagai keterampilan. Mulai dari administrasi, hingga kewirausahaan.

Prospek kerja: wirausaha dan semua industri pekerjaan membutuhkan seorang ahli ekonomi.

8. Komunikasi
Kepandaian dan ketepatan memberikan informasi sehingga mengena dan mendapatkan respon yang diinginkan dari lawan bicara, bukan hal yang sepele. Nah, Jurusan Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komunikasi manusia. Cabang ilmu yang bisa kamu dalami adalah broadcasting, jurnalistik, public relations, dan advertising.

Prospek kerja: advertising agency atau perusahaan multinasional

9. Kedokteran Hewan
Jadi seorang dokter hewan, berarti akan akrab dengan semua jenis binatang, ya. Tidak hanya anjing dan kucing, tapi sampai kuda dan kura-kura. Selama menempuh pendidikan, kamu akan mempelajari mengenai  pencegahan, perawatan dan pengobatan penyakit hewan.

Prospek kerja: Veterinarian, Kebun Binatang, Konservasi Hewan

10. Ilmu Statistika
Jika kamu termasuk akrab dengan ilmu matematika, ilmu statistika bisa jadi alternatif jurusan. Di ilmu ini, matematikamu diaplikasikan untuk mengolah teknik dan metode kuantitatif yang tepat untuk melakukan analisis, penelitian, perkiraan dan perencanaan dalam bisnis, terutama industri.

Prospek kerja: Perbankan, instansi pemerintahan dan swasta seperti BPS dan LIPI.

0 komentar

"Kekayaan bukanlah tentang banyaknya harta. Namun kekayaan sesungguhnya adalah kekayaan jiwa. (Hati yang merasa cukup)." [HR Bukhari dan Muslim] “Kita lebih membutuhkan adab (Meskipun) sedikit, dibanding ilmu (Meskipun) banyak.” [Abdullah bin Mubarak, ulama sufi; dikutip dari Adabul ‘Âlim wal Muta‘allim karya Hadratussyekh Hasyim Asy’ari] "Jangan tangisi agamamu jika ia masih dikuasai oleh ahlinya. Tangisilah jika ia dikuasai bukan oleh ahlinya." [HR Thabrani] "Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [QS An-Nahl: 18] "Bila kau tahu setan tak pernah lupa kepadamu, janganlah kau lalai terhadap Dzat yang menggenggam nasibmu." [Syekh Ahmad ibn Atha'illah, dalam al-Hikam] “Jangan kamu merasa paling suci. Karena Dia-lah yang lebih mengetahui orang yang paling bertakwa,” [An-Najm: 32] "Sungguh kebenaran bisa lemah karena perselisihan dan perpecahan. Sementara kebatilan kadang menjadi kuat sebab persatuan dan kekompakan." (Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari dalam Muqaddimah Qanun Asasi li Jam’iyyati Nahdlatil Ulama) “Bahaya terhadap agama yang datang dari para pembelanya yang menggunakan cara-cara menyimpang, lebih besar daripada bahaya yang datang dari para pencelanya yang memakai cara-cara yang benar.” [Abu Hâmid al-Ghazâlî, Tahâfutul Falâsifah]