Berbicara tentang teknik berpindah madzhab tidak semua orang secara mudah untuk melakukannya kecuali dalam kondisi tertentu seperti ketika kita menunaikan ibadah haji, sprti yg di jelaskan dalam kitab متن الإيضاح في المناسك
مما تعم به البلوى في الطواف ملامسة النساء للزحمة
Termasuk cobaan yg merata dalam thowaf adalah sentuhan dgn wanita karena berdesak²
فينبغي للرجل أن لا يزاحمهن
Sebaiknya bagi lelaki untuk tidak berdesak² dgn para wanita tersebut
ولها أن لا تزاحم الرجال خوفا من انتقاض الطهارة
Begitu juga bagi para wanita jangan berdesakan dengan para lelaki karena kekhawatiran akan terjadi batalnya wudhu.
فإن لمس أحدهما بشرة الأخر ببشرته انتقض طهور اللامس
Sesungguhnya bersentuhan salah satu dari keduanya terhadap kulit yang lain bisa menyebabkan batalnya kesucian orang yang menyentuh
وفي الملموس قولان للشافعي رحمه الله تعالي
Sedangkan bagi orang yg disentuh, terdapat dua pendapat dalam madzhab Syafi’i
أصحهما أنه ينتقض وضوءه
Menurut pendapat yg paling shohih adalah batal wudhunya orang yang disentuh
وهو نصه في أكثر كتبه
Redaksi itu merupakan tekstual yg terdapat dalam mayoritas kitab² imam Syafi’i
والثاني لا ينتقض واختاره جماعة قليلة من أصحابه
Adapun pendapat kedua mengatakan tidak batal. Pendapat ini dipilih oleh sebagian kecil golongan pengikut Syafi’i
والمختار الأول
Sedangkan pendapat yang terpilih adalah yang pertama.
Begitu juga dengan kondisi yang ada di tarakan karna orang tarakan gak ada yg bertani padi seperti daerah² lain nya dan sebagian orang emang ribet ketika harus membawa beras ke amil maka dengan ini bagi masyarakat yg mau zakat fitrah pakai uang sebaik nya tetap menggunakan madzhab syafi'i dari pada harus berpindah madzhab tapi memberatkan bagi orang yang yang ingin mengeluarkan zakat fitrah, sprti yang di jelaskan dalam kitab
غاية تلخيص
أفتى البلقيني بجواز إخراج الفلوس الجدد المسماة بالمناقر في زكاة النقد والتجارة
Imam Al-Bulqini berfatwa tentang bolehnya mengeluarkan zakat fitrah dgn mat uang
قال إن الذي اعتقده وبه اعمل وإن كان مخالفا بالمذهب الشافعي
Mushonnif berkata : Sesungguhnya saya telah menyakininya, dan Aku mengerjakanya meskipuin hal itu bertentangan dengan Madzhab Imam Syafi'i
والفلوس انفع للمستحقين
Dan uang lebih bermanfaat bagi orang yg berhak menerima zakat..
Dan juga di jelaskan dalam kitab المتن الشريف karya nya Saykhona Kholil bangkalan
ويسن ان يخرجها قبل صلاة العيد ويجوز اخراج القيمة
Dan disunahkan mengeluarkan zakat fitrah sebelum shalat 'id. Boleh mengeluarkannya dengan qimah/uang..
Dan KH. Ali Thoifur Ali wafa ketika mensyarahi kitab nya Saykhona kholil dgn redaksi sebagai berikut
(قوله ويجوز اخراج القيمة)
Perkataan Saykhona Kholil, Boleh mengeluarkannya dengan qimah/uang
وهذا مما انفرد به المصنف رحمه الله من بين سائر اصحابنا
Pendapat ini termasuk pendapat pribadi beliau yg berbeda dengan para ashab Syafi’i..
Tapi alangkah baik bagi Amil zakat mensupalai/menyiapkan beras agar bisa mengikuti mayoritas pendapat nya imam syafi'i...
Penulis : Anam Az-Zaheery
0 komentar
EmoticonEmoticon